Langsung ke konten utama

Tips Mengatasi Motor Mogok yang Susah Hidup


Assalamuaikum wr.wb.
Selamat pagi, selamat siang, selamat sore, dan selamat malem, silahkan anda pilih sendiri sesuai kapan kalian membaca artikel ini.

Jumpa lagi di artikel SKF bro, kali ini saya mau ngasih tips nih buat bro-bro yang pernah mengalami kejadian motor mogok ditengah jalan. Kalo motor tiba-tiba mogok pasti kalian merasa kesal, jengkel, dan sebel kan bro..??? apa lagi kalo pas lagi buru-buru, pastinya bkin kepala pusing tujuh kuadrat keliling.


Sebelum saya ngasih tips ini, saya akan menyebutkan dulu alat-alat yang harus dibawa saat melakukan perjalanan. Berikut alat yang harus dibawa saat melakukan perjalan berdasarkan pengalaman pribadi saya : obeng (+ -), kunci busi, tang, kunci pas ukuran 8 dan 10 (lebih lengkap lebih baik), fuller gauge (buat nyeting klep), amplas, senter kecil (antisipasi mogok malem), busi cadangan, kain lap (buat lap tangan), satu lagi bawa uang lebih buat bawa kebengkel kalau tidak jadi. Nah itu tadi kurang lebihnya alat yang dibutuhkan saat motor mogok dijalan.

Ok sekarang kita lanjut ke judul ya bro, judulnya tips mengatasi motor mogok yang susah hidup, langsung saja bro disini saya akan ngasih 3 tips cara mengatasinya bro, kalo mas bro mengalami hal tersebut, mas bro bisa mencoba tips ini, itung-itung sambil belajar otomotif biar ga dikit dikit kebengkel, kalo kita mau belajar dan mencoba pasti akan bisa dan paham bro. Saya sendiri bukan jurusan otomotif ataupun mesin bro, tp karna saya sering coba-coba jadi ya jadi tau sedikit lah tentang otomotif.

Ok bro berikut tips mengatasi motor mogok yang susah hidup.

1. Pembakaran
Seperti yang kita ketahui bahwa sepeda motor itu bisa hidup karena adanya sistem pembakaran pada mesinnya, dan bahan bakar yang dibutuhkan / dipakai biasanya adalah premium, pertamax atau solar. Nah pada tahap ini coba periksa saluran bahan bakar yang mengalir ke karburator, jika bensin yang menuju ke ruang bahan bakar lancar coba mas bro periksa karburator, maksudnya menservice karburatornya siapa tahu di bagian karburator terdapat kotoran yang menghambat bensin menuju ruang bakar. Biasanya yang sering terjadi karburator kemasukan air saat dicuci atau kehujanan sehingga motor tidak mau hidup karena didalam tangki ada air yang masuk dan bercampur dengan bahan bakar, atau bisa juga jarum spuyer tersumbat oleh kotoran.

2. Pengapian 
Selanjutnya mas bro periksa bagian pengapian, setiap kendaraan bermotor pasti memiliki pengapian , untuk pengapian jenis motor merek Honda (Honda Astrea Grand, Honda Supra, Honda Win 100, GL Pro,Honda Revo versi lama, Honda Tiger 2000 Lama), kemudian untuk merek motor Suzuki diantaranya yaitu (Suzuki Jet Collet/RC, Suzuki Tornado, Suzuki Satria 2T), kemudian untuk merk Yamaha diantaranya yaitu ( Yamaha Fiz R, Yamaha Crypton, Yamaha Vega R Lama, Yamaha RX King). Untuk melakukan pengecekan pada jenis motor yang saya sebutkan diatas pertama yang mas bro harus periksa adalah komponen bagian spull / stator assy. Pada kabel yang berwarna hitam-merah yang terhubung pada spull cek apakah ada apinya atau tidak, jika tidak ada apinya berarti spull motor kemungkinan rusak dan harus ganti baru. Jika bagian spull sudah selesai, mas bro bisa teruskan ke bagian pengapian yang lain yaitu pada jalur api yang keluar dari CDI, jika motor merek Honda biasanya warna kabelnya warna hitam - kuning, merek motor Suzuki warna kabelnya orange dan untuk merek motor yamaha warna kabelnya orange juga. Mas bro cek kabel tersebut apinya atau tidak setelah dicek dan jalur pengapian dari CDI masih bagus, langkah selanjutnya yaitu memeriksa pengapian yang keluar dari COIL, jika komponen tersebut masih berfungsi, langkah terakhir melakukan pengecekan busi , nah tahap yang terakhir ini adalah salah satu penyebab motor tidak mau hidup alias mogok. Jika bro sudah memeriksa semua bagian tersebut dan ternyata bagian tersebut dalam keadaan masih bagus saya yakin bahwa permasalahnya bukan pada pengapian. Oia jangan lupa cek juga apakah kunci kontaknya sudah di on atau off.

Sedikit catatan, buat mas bro pengguna motor yamaha matic baru ataupun yang lama, usahakan memiliki aki motor yang masih bagus karena jika tidak bagus atau aki sudah soak nanti saat distarter gak bisa hidup berbeda jika aki tersebut masih bagus dan kuat maka saat dihidupkan dengan starter akan bisa hidup.

3. Kompresi
Selanjutnya kita membahas mengenai mesin kendaraan bermotor, nah di bagian ini mungkin salah satu pemeriksaan yang terakhir yaitu di bagian kompresi motor. Jika mas bro sudah melakukan pemeriksaan motor pada point 1 dan point 2, bagian bagian tersebut masih berfungsi dengan baik, langkah yang terakhir mas bro periksa kompresi motor. Untuk memudahkan pemeriksaan pada kompresi mas bro lepas terlebih dahulu businya, kemudian mas bro tutup lubang busi dengan jari telunjuk dan coba distarter atau diengkol (kick starter), jika dirasa ada tendangan kompresi yang kuat berarti pada bagian mesin motor mas bro tidak bermasalah, tetapi kalau dirasa lemah kemungkinan pada bagian salah satu komponen di dalam mesin motor mas bro ada yang rusak / bermasalah. Ada beberapa kemungkinan mengapa kompresi motor lemah diantaranya setelan klep yang terlalu kencang, kemudian bocor pada bagian klep, atau ring piston sudah lemah dan aus.

Kalau mas bro sudah melakukan semua langkah pengecekan diatas tapi motor belum bisa menyala juga, mas bro bawa ke bengkel motor terdekat biar dicek secara detail dan biang permasalahannya jadi jelas dan bisa dperbaiki / diganti jika ada komponen yang rusak.

Ok cukup sekian tips dari saya mas bro semoga artikel ini bisa bermanfaat dalam hal pembelajaran otomotif. sampai jumpa di artikel berikutnya.
wassalamualikum wr. wb.

Komentar

  1. Terima kasih sharingnya gan, artikel yang bagus sangat membantu sekali.

    BalasHapus
  2. service berkala itu perlu untuk motor agar selalu prima kondisinya

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara baik dan sopan.